Brand Identity: Pengertian, Fungsi, Elemen & Cara Membuatnya (2024)

Apa ituBrand Identity?

Brand identityadalah kumpulan elemen yang menjadi identitas suatu merek agar terlihat unik dan berbeda dari merek lain.

Dalam dunia bisnis modern,brand identityadalah aspek yang memiliki peran krusial dalam meningkatkan kesadaran merek ataubrand awareness.

Identitas merek ataubrand identityini bisa disampaikan lewat desain dan warna logo, tipografi, gaya penulisan dalam konten dan iklan,USP, atau banyak elemen lain yang dapat memperkuat reputasi positif dari sebuah merek.

Setiap elemen di dalambrand identityhadir sebagai cerminan dari nilai, visi dan misi bisnis, serta bagaimana citra bisnis yang ingin diperlihatkan kepada target audiens.

Brand identitymemungkinkan target audiens membangun persepsi khusus agar lebih memahami entitas sebuah bisnis melalui berbagai elemen yang disajikan, baik dari segi tulisan, visual, hingga audio visual sekalipun.

MengapaBrand IdentityPenting Bagi Merek?

Brand identityadalah wajah dari sebuah merek. Oleh karena itu, keberadaannya memegang peranan sentral dalam membentuk pandangan target audiens terhadap merek.

Melalui penyampaian identitas merek yang jelas dan mudah diingat, sebuah merek dapat menjadi pemegang otoritas atau bahkan dikenal sebagai ikon dari suatuniche bisnis. Menarik, bukan?

Selain itu, peranbrand identityjuga menjadi krusial karena mayoritas pelanggan cenderung tertarik pada merek yang menunjukkan tingkat profesionalisme dan konsistensi tinggi saat memperkenalkan identitas mereka.

PerbedaanBrand Identity danBrand Image

Meski konsepnya hampir sama, namun perlu dicatat bahwabrand identitydanbrand imagemerupakan dua konsep yang berbeda.

Di ruang lingkup bisnis,brand identityadalah rangkaian elemen yang menjadikan merek lebih dikenal oleh target pasar. Selain itu,brand identityjuga umumnya bisa dibangun dan dikendalikan langsung oleh sebuah merek.

Di sisi lain,brand imageadalah bagaimana audiens melihat, menilai, dan merespons sebuah merek. Berbeda denganbrand identityyang dibentuk oleh perusahaan,brand imageterbentuk secara alami dari pengalaman pelanggan (customer experience),customer journey,dan berbagai macam interaksi pelanggan dengan merek.

6 ElemenBrand Identity

Menurut teoribrand identityyang dikemukakan oleh Jean-Noel Kapferer, seorang pakar di bidang manajemen merek, terdapat 6 elemenbrand identityyang harus dibangun secara maksimal.

Kapferer menggambarkan keenam elemen ini dalam bentuk prisma yang dikenal sebagai“brand identity prism”. Berikut adalah elemen-elemen yang dimaksud.

1.Physique

Elemen ini merujuk pada aspek atau tampilan fisik dari sebuah merek yang muncul di benak konsumen saat memikirkan merek tersebut.

Elemenphysiqueini bisa mencakup beberapa hal seperti desain produk, kemasan, logo, dan elemen visual lainnya yang membentuk citra fisik merek. Apabila konsumen memikirkan sebuah merek, maka mereka secara otomatis membayangkan atribut fisik yang melekat padanya.

2.Personality

Dikenal juga sebagai karakter atau kepribadian dari sebuah merek. Elemen ini mencakup bagaimana merek berkomunikasi dengan konsumen melalui berbagaiplatform.

Menurut Kapferer, sebuah merek dapat menunjukkan elemenpersonalityyang beragam seperti humoris, serius, ramah, hingga profesional. Secara umum, karakter ini bisa diperkuat melalui gaya komunikasi dan gaya penulisan pada iklan atau konten yang disebarkan.

3.Relationship

Elemen ini menggambarkan hubungan antara sebuah merek dan target pasar atau konsumennya. Sebuah merek yang sukses membangun hubungan yang kuat dengan konsumennya akan memiliki basis pelanggan yang setia.

4.Culture

Elemen ini mencerminkan nilai-nilai dan prinsip yang mendasari perilaku dari sebuah merek. Komponen ini umumnya diperkuat oleh merek yang mengidentifikasi diri dengan budaya atau negara tertentu.

Hal ini ditujukan agarbrand identityyang dibuat dapat menciptakan hubungan emosional dengan konsumen yang berbagi nilai-nilai tersebut.

5.Reflection

Komponen ini mencerminkan bagaimana konsumen melihat merek dan apa yang merek itu wakili dalam pikiran mereka. Citra merek seringkali dipengaruhi oleh citra stereotip pengguna.

Sebagai contohbrand identitypada merek pakaian dan sepatu olahraga umumnya menciptakan citra pengguna yang aktif dan berani. Dengan demikian, ketika konsumen memikirkan merek ini, mereka juga membayangkan orang-orang yang aktif dan berani.

6. Self-Image

Elemen ini merujuk pada bagaimana konsumen melihat diri mereka sendiri ketika mereka menggunakan sebuah produk.

Beberapa contohbrand identityyang kuat bahkan dapat membuat pengguna mengidentifikasi diri mereka sejalan dengan identitas atau status brand tersebut.

Sehingga apabila sebuah brand mengidentifikasi dirinya sebagai merek eksklusif, maka konsumen juga dapat merasa bahwa dirinya adalah bagian dari keeksklusifan tersebut.

ManfaatBrand IdentityBagi Brand

Secara keseluruhan,brand identitydapat membuat merek Anda lebih dikenal dan memperoleh kepercayaan pelanggan potensial. Dalam persepsi bisnis, berikut adalah beberapa manfaatbrand identitybagi brand:

1. Membangun Persepsi Positif Bagi Merek

Brand identityadalah aspek yang menentukan kesan pertama target audiens terhadap merek Anda.

ApabilabrandAnda mampu menyajikan identitas yang konsisten, unik, relevan, dan mudah diingat, maka brand akan memperoleh persepsi positif dari pelanggan.

Kemampuan merek dalam menyampaikanbrand identityyang kuat juga dapat membuat pelanggan menganggap bisnis Anda lebih terpercaya dan mendominasi merek-merek lain.

2. MeningkatkanBrand Awareness

Manfaat brand identity bagi brand selanjutnya adalah membantu meningkatkan level kesadaran pelanggan atas sebuah merek (brand awareness).

Agar pelanggan baru tertarik dan berusaha mencari tahu identitas merek lebih lanjut, maka merek harus mampu menciptakan logo dengan kombinasi warna khas serta menyertakan slogan yang memikat dan mudah diingat pada setiap kampanye, baik secara konvensional maupundigital campaign di media sosial.

3. Agar Merek Terlihat Berbeda dari Kompetitor

Sama seperti namanya,brand identityadalah identitas yang berfungsi sebagai pembeda merek satu dengan merek lainnya.

Tidak hanya melalui aspek visual seperti logo, tetapibusiness valuedan sejarah atau cerita merek juga bisa ditonjolkan dalambrand identityagar terlihat berbeda dari pesaing.

Keberadaanbrand identityjuga mempermudah target audiens dalam mengidentifikasi dan mengingat merek tersebut di tengah banyaknya opsi di pasaran.

4. Menjadi BrandTop-of-Mind

Brandtop-of-mindadalah merek yang muncul pertama kali muncul di pikiran Anda ketika Anda menginginkan suatu produk.

Sebagai contoh, saat haus, daripada menyebut “air mineral” Anda pasti pernah menyebut salah satu merek produk air mineral yang terkenal, bukan? Fenomena inilah yang membuat merek disebut sebagai kategori brandtop-of-mind.

Selain menjamin kualitas produk/jasa, untuk menjadibrand top-of-mindyang dikenal secara luas, Anda memerlukanbrand identityyang kuat dan berbeda dari produk lainnya.

5. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Selain sebagai identitas,brand identityadalah medium yang juga berperan penting dalam membangun ikatan emosional antara merek dan pelanggan.

Relevansi pesan yang disampaikan melaluibrand identityjuga dapat membuat pelanggan merasa terhubung dengan merek sehingga tidak ragu untuk melakukan pembelian berulang dan meningkatkan revenue bisnis.

Cara MembuatBrand Identity

Jikabrand identityadalah komponen yang sangat penting, lantas bagaimana cara membuatbrand identityyang kuat dan mudah diingat? Berikut adalah langkah-langkahnya!

1. Lakukan Riset

Untuk membangunbrand identity yang kokoh, langkah pertama yang tidak boleh diabaikan adalah melakukan riset pasar secara menyeluruh.

Dalam proses ini, Anda perlu menjelajahi berbagai aspek yang akan membantu Anda menggali pemahaman yang mendalam tentang pasar dan calon pelanggan Anda.

Untuk itu, mulailah dengan identifikasi karakteristik demografis, psikografis, dan perilaku konsumen. Kemudian, fokuskan riset Anda pada solusi yang dibutuhkan oleh pelanggan.

2. Identifikasi Keunggulan Bisnis Anda

Dalam mengidentifikasi keunggulan bisnis, Anda perlu mengetahui siapa bisnis Anda di mata konsumen, apa yang ditawarkan oleh bisnis Anda, dan bagaimana Anda ingin bisnis dilihat di mata konsumen.

Sebuah pondasi khusus yang dapat memperkuatbrand identityadalah menentukan nilai khas yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor.

Saat konsumen melihat atau berinteraksi dengan merek Anda, nilai khas ini harus jelas terpancar untuk memudahkan konsumen untuk mengidentifikasi merek Anda di tengah persaingan pasar yang sengit.

3. Tentukan Desain Logo

Perlu diingat bahwa logo dalambrand identityadalah salah satu elemen visual paling penting yang harus ditentukan sejak awal peluncuranbrand.

Pasalnya, logo inilah yang akan merepresentasikan merek pada berbagai media seperti website, kartu bisnis, dan iklan produk Anda. Untuk itu, pastikan agar penentuan loga telah sesuai dan sejalan dengan nilai-nilai bisnis Anda.

4. Tentukan Warna dan Tipografi yang Sesuai

Salah satu cara calon pelanggan memahamibrand identityadalah dengan memperhatikan warna dan tipografi dari suatu merek.

Setiap warna memiliki arti psikologis yang mampu mempengaruhi persepsi konsumen terhadap merek Anda, begitu pula halnya dengan jenis tipografi.

Sebagai contoh, warna biru sering dikaitkan dengan ketenangan dan kepercayaan, merah yang menggambarkan rasa semangat, atau kuning yang mengidentifikasikan energi positif.

Warna-warna ini harus disesuaikan denganbrand valueserta harus memperhatikan kontrast dan kompatibilitas agar enak dipandang dan mudah diingat.

Selain warna, pemilihanstylehuruf atau tipografi yang tepat juga bisa membantu merek mengkomunikasikan karakter, pesan, danbrand valueyang ingin Anda sampaikan.

5. Maksimalkan Komunikasi dengan Target Pelanggan

Sebagai pegiat bisnis, Anda pasti tahu bahwa media sosial telah menjadi media yang sangat berpengaruh dalam dunia pemasaran dan komunikasi bisnis.

Oleh karena itu, salah satu metode memperkuatbrand identityadalah meningkatkan kualitas interaksi dengan audiens melalui platform-platform media sosial ini.

Anda bisa menciptakan pesan sesuai persona merek agar identitas merek dapat terpancar dengan baik.

Brand Identity: Pengertian, Fungsi, Elemen & Cara Membuatnya (2024)

References

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Corie Satterfield

Last Updated:

Views: 5859

Rating: 4.1 / 5 (42 voted)

Reviews: 89% of readers found this page helpful

Author information

Name: Corie Satterfield

Birthday: 1992-08-19

Address: 850 Benjamin Bridge, Dickinsonchester, CO 68572-0542

Phone: +26813599986666

Job: Sales Manager

Hobby: Table tennis, Soapmaking, Flower arranging, amateur radio, Rock climbing, scrapbook, Horseback riding

Introduction: My name is Corie Satterfield, I am a fancy, perfect, spotless, quaint, fantastic, funny, lucky person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.